AYO Tonton video saya :)

Kamis, 28 Juli 2011

MEMILIH SEKOLAH MUSIK

Memilih Tempat Kursus Musik

Setiap sekolah musik memiliki sistem pendidikan dan kurikulum yang berbeda dengan sekolah musik lain. Juga program-program yang ditawarkan tidak selalu sama. Ada sekolah musik yang hanya memberikan program pembelajaran musik klasik. Ada pula sekolah musik yang menawarkan program non-klasik. Selain itu kegiatan-kegiatan lainnya seperti konser, workshop/masterclass dan ujian kenaikan tingkat menjadi kegiatan rutin minimal diselenggarakan setahun sekali.

Kurikulum

Kurikulum merupakan panduan bagi sekolah musik untuk mengajarkan musik kepada anak-anak didiknya sehingga mereka mencapai suatu standar yang diharapkan. Kurikulum tidak statis melainkan fleksibel dalam mengikuti perubahan zaman.

Beberapa sekolah musik ada yang menyusun kurikulum internalnya sendiri, sementara lembaga kursus musik yang lainnya ada yang mengkombinasikan kurikulum internalnya dengan silabus yang dikeluarkan oleh badan penguji internasional seperti ABRSM (Associated Board of Royal Schools of Music, London) dan AGMES (Australian Guild of Music Education System). Pada program ABRSM dan AGMES ujiannya dilaksanakan dengan mendatangkan penguji dari luar negeri yang sudah dipilih oleh badan penguji tersebut sehingga biayanya menjadi lebih mahal. Kelebihan mengikuti program ABRSM atau AGMES anda akan mendapatkan sertifikat yang diakui secara internasional.

Instruktur / Pengajar

Keberhasilan dari proses belajar mengajar ditentukan oleh kualitas pengajarnya. Dengan banyaknya sekolah musik maka banyak pula pengajar-pengajar yang dibutuhkan. Anda berhak mengetahui kualitas pengajar yang anda inginkan, jangan ragu-ragu untuk bertanya pengalaman mengajar calon guru anda/anak anda, tanyakan pengalamannya, latar belakang pendidikannya dan lain-lain.

Biaya

Setiap sekolah musik memasang tarif yang bervariasi. Bisa jadi sekolah musik A jauh lebih murah dengan sekolah musik B atau sebaliknya. Biaya yang harus anda siapkan yaitu uang pendaftaran, biaya bulanan, biaya untuk ujian kenaikan tingkat, mengikuti workshop, konser, dll.
Biaya pendaftaran bervariasi mulai dari Rp 0, s/d Rp 800.000.
Biaya bulanan bervariasi mulai dari Rp 200.000 s/d Rp 800.000.
Apakah kualitas sekolah musik yang biaya bulanannya dibawah Rp 300.000, sama dengan kualitas sekolah musik yang biaya bulannya mencapai lebih dari Rp 500.000?
Biasanya konsumen berpendapat semakin mahal maka semakin baik kualitasnya. Belum tentu!!

Tanyakan program-program yang ditawarkan sekolah musik tersebut, tanyakan fasilitasnya, tanyakan kualitas para pengajarnya dan lain-lain. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa keberhasilan proses belajar mengajar tergantung dari kualitas pengajarnya dan faktor lainnya seperti tingkat keseriusan siswa dalam belajar dikelas dan kerajinan dan ketekunannya latihan dirumah. Sia-sia saja kalau gurunya sehebat Mozart atau Beethoven tapi anda / anak anda tidak pernah atau jarang latihan dirumah.

Silahkan tonton video piano cover aransemen saya.
klik di sini => https://www.youtube.com/watch?v=bSqLZv37ULM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar