AYO Tonton video saya :)

Jumat, 29 Juli 2011

USIA YG TEPAT KURSUS MUSIK

Usia Yang Tepat Untuk Memulai Kursus Musik

Banyak yang bertanya usia berapakah yang tepat untuk mulai memberikan les musik pada anak?
Banyak yang mengatakan les musik sebaiknya dimulai pada usia Pra Sekolah atau balita. Sementara pendapat lain mengatakan sebaiknya diberikan saat memasuki Sekolah Dasar.

Sebelum memutuskan anak anda untuk diikutkan dalam kursus musik sebaiknya pertimbangkan faktor usia. Tidak selamanya belajar instrumen di usia awal selalu menguntungkan. Sebagai contoh seorang anak yang mulai belajar piano pada usia empat tahun ternyata tidak selalu menunjukkan kemajuan yang lebih baik dibandingkan anak lain yang mulai belajar di usia delapan tahun.

Hal tersebut terjadi karena:
- Kemampuan otot pada anak berusia balita masih rendah jika dibandingkan dengan anak yang lebih tua.
- Anak yang lebih tua biasanya lebih bertanggung jawab untuk latihan.
- Daya tangkap anak yang lebih tua lebih baik sehingga mereka lebih mudah untuk menyerap pelajaran.

Bila anak anda berusia remaja ingin mengikuti kursus musik sebaiknya jangan dihalangi. Banyak kisah yang menunjukkan mereka yang sudah usia dewasa (yang dianggap terlambat memulai belajar musik) tetapi memiliki minat besar dan kemauan keras untuk belajar musik ternyata mampu berprestasi di bidang musik.

Usia balita sebaiknya hanya dikenalkan dasar-dasar musik seperti mengenal irama dan nada, belum mendalami instrumen tertentu. Walaupun misalnya anak anda di usia 4 tahun dimasukkan ke tempat kursus musik (les piano/gitar/biola/dll) anda sebagai orang tua jangan kesal bila kemajuannya sangat lambat. Hal tersebut disebabkan karena jari-jari mereka yang masih terlalu kecil dan otot-otot yang masih lemah juga daya tangkapnya yang masih lemah. Orang tua harus memaklumi hal tersebut sehingga mungkin saja sudah 1 tahun les musik tapi hanya bisa beberapa/sedikit saja memainkan beberapa buah lagu.

Disekolah/lembaga kursus musik maupun guru-guru musik privat sudah memaklumi hal tersebut, maka silabus dan metode pembelajarannya disesuaikan dengan usia murid. Tidak sama metode pembelajaran anak usia 4 tahun dengan anak usia 12 tahun.

Apakah salah bila anak usia balita diikutsertakan dalam les musik?

Tidak salah, seperti penjelasan diatas, usia balita sangat cocok untuk dikenalkan pada musik, belum mendalami secara khusus suatu alat musik tertentu. Dengan berjalannya waktu,disaat mereka mulai memahami ketukan, irama dan mengenal nada, maka dengan perlahan-lahan mereka mulai diajarkan bagaimana memainkan alat musik. Misalnya pada les piano mereka diajarkan cara duduk, posisi tangan, cara menekan tuts dan lain-lain. Kecuali bila seoarang anak yang berbakat atau jenius seperti mozart kemajuannya pasti sangat cepat dan mengagumkan. Mozart pada usia 4 tahun sudah sanggup membuat komposisi untuk piano.

Silahkan tonton video piano cover aransemen saya.
klik di sini => https://www.youtube.com/watch?v=bSqLZv37ULM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar