AYO Tonton video saya :)

Selasa, 28 Agustus 2018

TIPS BERNYANYI BAGI PEMULA


Tips Bernyanyi Untuk Pemula

Banyak cara atau teknik dalam bernyanyi. Kali ini akan diberikan beberapa tips bernyanyi yang baik.

Tips bernyanyi nada tinggi
Saat bernyanyi nada tinggi pastikan posisi dagu sedikit ke arah bawah dan dada sedikit dibungkukkan agar mendapatkan banyak tenaga ketika ingin mencapai nada tinggi.

Tips bernyanyi dengan merdu
1.      Rileks
Buat diri anda santai sebelum bernyanyi. Ketika tegang maka suara akan menjadi fals. Lakukan pemanasan sebelum bernyanyi dengan mengucapkan mamama pada nada yang berbeda, lakukan latihan tersebut beberapa menit dengan pengucapan lainnya seperti hahaha, wawawa dan lain-lain.
2.      Jangan memaksakan nada tinggi.
Bila kita bernyanyi ingin mencapai nada tinggi, maka jangan memaksakan terlalu keras. Tenangkanlah diri anda dan biarkan suara naik dengan perlahan-lahan namun tetap bisa dikontrol. Bila bernyanyi dengan dipaksa biasanya mengeluarkan suara yang fals atau sumbang.
3.       Minum air putih atau teh hangat.
Minum air putih bisa membuat pita suara menjadi lembab dan dapat menghilangkan kelebihan lendir di tenggorokan. Jangan minum es.
4.       Melatih pernafasan.
Tips bernyanyi bagi pemula yang lainnya adalah melatih pernapasan. Ketika bernyanyi sebaiknya menggunakan pernafasan diafragma. Kalau bernyanyi menggunakan pernapasan dada maka akan membuat terengah engah ketika bernyanyi. Pernafasan diafragma perlu dilatih dan dibiasakan ketika bernyanyi.
5.       Melatih frase.
Frase adalah kelompok kata yang dinyanyikan. Dalam tulisan, frasa sering dimunculkan dengan tanda baca. Biasanya tanda baca tersebut tidak ada dalam lirik lagu. Maka kita harus memahami liriknya sebelum bernyanyi. Latihan ini sangat penting karena membantu kita mengetahui pengambilan jeda yang tepat saat bernyanyi juga menghindari terengah-engah dan kehabisan nafas saat pengucapan frase.
Demikianlah beberapa tips bernyanyi untuk pemula. Selamat bernyanyi.

Silahkan tonton video piano cover aransemen saya.
klik di sini => https://www.youtube.com/watch?v=bSqLZv37ULM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar