AYO Tonton video saya :)

Rabu, 29 Agustus 2018

TEKNIK VOKAL DIAFRAGMA


Teknik Vokal Pernapasan Diafragma

Dalam pernafasan kita mengenal tiga macam pernapasan yaitu pernafasan dada, pernapasan perut dan pernafasan diafragma. Ketika kita bernyanyi maka sangat baik menggunakan teknik pernafasan diafragma. Bila kita bernyanyi menggunakan teknik vokal diafragma maka:
1.Kualitas suara menjadi lebih baik
2.Suara lebih bertenaga dan memiliki power
3.Sewaktu bernyanyi nafas menjadi lebih panjang.

Cara bernyanyi yang baik dan benar adalah menggunakan teknik vokal dan pernafasan diafragma. Letak diafragma yaitu antara perut dan dada, lebih tepatnya di bawah paru-paru. Otot diafragma membantu pernafasan jadi lebih baik. Kalau kita nyanyi dari diafragma maka hasilnya adalah kualitas vokal menjadi lebih baik dan bertenaga.

Menyanyi dengan diafragma bisa kita lihat ketika bahu terangkat saat menarik nafas dan perut kembang kempis. Ketika bernyanyi dengan diafragma, perut akan mengencang atau mengeras sehingga memberikan dorongan dan suara yang keluar jadi lebih baik. Bila kita sudah bisa menggunakan suara diafragma ketika bernyanyi, tahap selanjutnya adalah mempelajari teknik vokal lainnya.

Cobalah Anda tidur terlentang lalu Letakkan buku di atas perut. Kemudian coba tarik nafas dan hembuskan keluar bila buku bergerak naik turun berarti anda sudah berhasil menggunakan pernafasan diafragma.



Cara bernafas dengan diafragma

Coba ambil nafas sambil menggelembungkan perut bagian atas. Perut bagian atas adalah tempat otot-otot diafragma berada. Ambil nafas dari hidung sambil mendorong perut bagian atas sampai terisi udara banyak. Setelah dirasakan terisi udara kemudian kempeskan lah perut dengan cara menekan ke dalam perlahan-lahan sambil mengeluarkan suara atau nada. Saat persediaan udara di rongga perut sudah habis lalu ambil nafas lagi dan ulangi latihan tersebut dengan cara yang sama dengan berulang-ulang. ingat, saat mengeluarkan nafas dari rongga diafragma melalui mulut keluarkanlah dengan perlahan dan sedikit mungkin. Bila mengeluarkan nafas dengan boros maka akan cepat lelah. Harus bisa mengatur sehemat mungkin dan selama mungkin.


Silahkan tonton video piano cover aransemen saya.
klik di sini => https://www.youtube.com/watch?v=bSqLZv37ULM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar