AYO Tonton video saya :)

Minggu, 26 Agustus 2018

PADUAN SUARA


Pengertian Paduan Suara

Paduan suara adalah sekelompok penyanyi dengan jumlah lebih dari 15 orang. Paduan suara sering disebut sebagai koor. Paduan suara pada umumnya terdiri dari empat jenis suara yaitu sopran, alto, tenor dan bas. Untuk mendapatkan balance suara yang baik maka perlu adanya pembagian jenis suaranya dengan baik. Jangan memaksakan penyanyi suara alto dikelompokkan ke dalam penyanyi suara sopran. Juga jangan paksakan penyanyi jenis suara bas dimasukkan ke dalam kelompok jenis suara tenor.

Dalam teknik paduan suara tidak boleh ada salah satu jenis suara yang dominan misalnya alto lebih dominan dari sopran atau tenor lebih dominan dari bas. Semuanya harus sama rata. Bila ada salah satu yang dominan maka akan kelihatan. Sebelum berlatih biasanya melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan sesame anggota yang berjenis suara sama. Suara sopran dengan sopran, tenor dengan tenor dan seterusnya.

Sopran adalah suara tinggi wanita.
Alto adalah suara rendah wanita.
Tenor adalah suara tinggi pria.
Bas adalah suara rendah pria.

Paduan suara dipimpin oleh dirigen yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan penampilan panduan suaranya. Biasanya seorang dirigen merangkap sebagai pelatih sejak awal program latihan.



Teknik vokal pada paduan suara

Vokal merupakan nada yang keluar dari suara manusia. Teknik bernyanyi yang tepat dapat menghasilkan suara yang benar dan baik sehingga suara yang keluar terdengar merdu Indah nyaring dan jelas.
Dalam bernyanyi paduan suara, suara kita harus membaur dengan suara lainnya. Tidak boleh dominan, dalam artian misal seolah-olah penyanyinya ada 3 tapi suaranya seolah-olah satu. Segala macam teknik vokal solo dihilangkan bila bernyanyi di dalam tim paduan suara. Vibra juga dihilangkan. Teknik vokal paduan suara harus bulat dan dikontrol agar tidak dominan atau menonjol dari suara penyanyi lainnya.

Berikut beberapa istilah teknik vokal:

Artikulasi adalah pengucapan kata perkata yang terdengar jelas dan baik.
Frasering adalah teknik pemenggalan kalimat yang benar dan baik sehingga mudah dimengerti dan memenuhi kaidah kaidah yang berlaku.
Resonansi adalah teknik untuk memperindah suara dengan memfungsikan rongga-rongga udara yang bervibrasi atau bergetar di sekitar mulut dan tenggorokan.
Intonasi adalah tinggi rendah suatu nada yang harus dinyanyikan dengan pitch yang tepat.

Silahkan tonton video piano cover aransemen saya.
klik di sini => https://www.youtube.com/watch?v=bSqLZv37ULM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar