AYO Tonton video saya :)

Senin, 03 Oktober 2011

Pola Musik Keroncong

Musik dan Kerangka Keroncong

Pola musik keroncong terdiri atas garis melodi sebagai cantus firmus dengan ansambel yang mengirinya dan setiap instrumen, dengan watak khas masing-masing, mengikuti pola-pola fungsional yang telah digariskan.

Kekhasan keroncong terletak pada cara yang berbeda dalam memainkan cello dan bass yang tidak lazim, dimainkan dengan cara dipetik. Cello berperan seperti gendang kecil (kendhang dalam gamelan). Cara memetik cello dinamakan kendhangan atau gedhugan.

Ansambel keroncong modern menampilkan satu atau lebih penyanyi, biola, seruling, gitar melodi, cello bass serta dua alat petik kecil: ukulele dan banjo. Penyanyi utama, biola atau seruling membawakan melodi utama, sedang alat musik lain mengisi atau mendukung melodi.

Dengan lirik penuh pujian terhadap cinta, alam, negara dan bangsa atau berisi pesan politik, keroncong sangat dekat di hati masyarakat. Musik ini dikenal di seluruh negeri. Akan tetapi, daya tariknya terutama hanya untuk generasi tua dan pembangkit kenangan bagi mereka yang pernah hidup pada zaman revolusi.

Silahkan tonton video piano cover aransemen saya.
klik di sini => https://www.youtube.com/watch?v=bSqLZv37ULM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar